Tips Tingkat Kematangan Steak

Pilihan untuk menikmati steak memang selera masing-masing orang. Ada yang terbiasa dengan tingkat kematangan steak Well Done, ada yang Medium Well, Medium sampai Medium Rare. Ada beberapa tingkat kematangan yang bisa dipilih. Tiap tingkat kematangan ini punya rasa dan tekstur yang berbeda. Berikut ini adalah tingkat kematangan Steak.

 

1. Rare

                Daging rare ini hanya matang di bagian luarnya saja. Sekitar 80% bagian dalamnya masih berwarna merah. Tingkat kematangan rare ini memiliki textur daging paling lembut di bandingkan tingkat kematangan lain . 

                Biasanya untuk mendapatkan tingkat kematangan ini, daging di bagian dalam harus berada pada suhu sekitar 48 – 50°C. Alat yang di gunakan adalah  termometer makanan. Pastikan pengengecekan  ketika daging baru saja dipindahkan dari atas grill pan ke piring , jangan ketika di atas sumber panas langsung. Jika menggunakan tangan, coba  dengan tangan kiri, tempelkan jempol kanan dan telunjuk. Selanjutnya, tekan-tekan bagian bawah jempol. Begitulah kira-kira gambaran keempukan daging rare.

 

2. Medium Rare

                Medium rare mirip seperti rare. Hanya saja daging yang sudah matang lebih banyak. Dibandingkan dengan rare, sekitar 60% daging bagian dalamnya yang masih berwarna merah, atau steak setengah matang.

Steak medium rare ini dapat di hidangkan  dengan salad. Bagian dalam medium rare harus bersuhu 55-60°C. Tekstur daging memiliki sifat juicy dan lembut.

 

3. Medium

                Tingkat kematangan medium, tekstur daging  tidak se-juicy rare atau medium rare. Daging steak medium memiliki warna cokelat lebih banyak dan sedikit  berwarna pink di dalam, mungkin sekitar 40%.tingkat kematangan steak ini jadi tingkat paling favorit dan enak untuk menikmati bagi kebanyakan orang. Biasanya daging dalamnya memiliki suhu 60-65°C. Cara mengukurnya coba gabungkan jempol dengan jari manis, tekan bagian bawah jempol.

 

4. Medium Well

                Pada tingkat ini dagingnya sudah hampir matang seluruhnya, tapi masih terasa sedikit juicy. Masih ada sedikit warna pink di dalamnya, sekitar 20%. Biasa daging dalam akan bersuhu sekitar 65-69°C, jika diukur dengan termometer makanan. Cara mengukurnya sama dengan medium, hanya saja kita bisa melihat lagi dengan warnanya yang lebih cokelat dibanding medium.

 

5. Well Done

                Kalau kamu suka makan steak dengan tingkat kematangan yang sempurna alias benar-benar menyeluruh, well done-lah pilihannya. Kamu ngak bakalan menemukan sedikit pun rona merah di bagian dalam. Tekstur daging tentunya jadi lebih keras dan sudah tidak juicy lagi, karena semua lemak sudah terpanggang habis.

 

Kalau dari segi penampilan, warna sudah pasti cokelat dan agak kering. Biasanya daging dalam akan bersuhu sekitar 70-90°C. Untuk Mengukurnya, gabungkan jempol dengan kelingking lalu rasakan daging di bawah jempolmu. Begitulah keempukan daging well done terasa.

 

https://www.resepkoki.id/5-tingkat-kematangan-steak/